Cara Mengatasi No Remote Desktop License Servers Available
Cara Mengatasi No Remote Desktop License Servers Available

Jika kalian menggunakan layanan Remote Desktop Protokol (RDP) pasti pernah mengalami hal tersebut, kenapa notif “no remote desktop license servers available” ini muncul saat akan connect ke server?, hal ini terjadi karena layanan remote desktop pada sistem operasi windows server ini prabayar.

Jika kalian belum tau tentang cara mengaktifkan remote desktop berikut caranya di sini,

Mengingat kembali jika kalian menggunakan fasilitas server dengan sistem operasi windows tentu saja kalian harus siap dengan layanan fitur sistem windows yang prabayar, lalu bagaimana jika kalian yang selalu mengingikan fitur remote desktop pada sistem windows secara gratis?.

Tentu saja bisa, hanya saja akan ada hal yang harus kalian lakukan, membuat layanan fitur remote desktop pada windows server 2016 menjadi free memiliki batasan limit period atau ada batasan harinya jadi selepas dari itu kalian harus melakukan pengaktifan lagi agar remote desktop dapat di gunakan kembali.

Yang artiannya proses membuatnya menjadi free ini dengan cara memanipulasi dengan memanfaatkan trial remote desktop selama 200 hari, apabila habis masa 200 hari maka remote desktop tidak dapat digunakan yang memunculkan notif “no remote desktop license servers available” dengan begitu kalian cukup menghapus sistem trial tersebut dan restart komputer, maka sistem trial akan kembali ke awal kembali.

Cara Mengatasi No Remote Desktop License Servers Available

Untuk caranya cukup mudah berikut langkah caranya.

1. Buka atau masuk server windows remote desktop

2. Pada tampilan desktop tekan kombinasi keyboard windows+R > maka akan muncul jendela run

Baca juga Konfigurasi Remote Desktop Multi User

3. Pada jendela run ketikan regedit > kemudian tekan OK

Cara Mengatasi No Remote Desktop License Servers Available

4. Di tampilan regedit masuk ke

“HeKEY LOCAL MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Terminal Server > RCM > GracePeriod”

5. Jika sudah sampai folder GracePeriod > klik kanan pada grace period > kemudian klik delete

Cara Mengatasi No Remote Desktop License Servers Available

6. Jika folder GracePeriod sudah berhasil di delete > restart komputer

Jika semua langkah sudah berhasil dilakukan seperti langkah cara diatas, kalian sudah dapat menggunakan fitur remote desktop kembali.

Seperti yang telah saya sampaikan diatas cara ini memiliki batasan waktu 200 day yang artinya jika sudah habis masa waktunya, maka lakukan lagi langkah cara seperti diatas.

Berikut langkah cara untuk mengatasi license remote desktop yang expired atau mengatasi no remote desktop license servers available, jika kalian masih bingung silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here