Pengalaman Belajar SEO Toko Online Terpaksa Dan Suka
Pengalaman Belajar SEO Toko Online Terpaksa Dan Suka

Saya akan berbagi singkat cerita pengalaman saya saat belajar SEO dari mulai awal hingga ke toko online. Tujuan saya membuat artikel ini untuk berbagi pengalaman dan berbagi ilmu tentang SEO yang pernah saya pelajari dan lakukan.

Awal saya dengar tentang SEO itu mulai dari tahun 2018 ketika saya bekerja di sekolah sebagai IT tecnical support berbarengan dengan mulainya membangun blog pertama melalui blogger platform dari situlah saya belajar tentang SEO.

Hal yang pertama yang saya lakukan saat saya mendengar tentang SEO adalah mencari tau di google apa itu seo? dan apa gunanya untuk blog?.

Apa itu SEO?

Ya mungkin jika kalian seorang blogger pasti sudah tau pengertian SEO tapi di sini saya akan mengulangi kembali penjelasannya.

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization atau dalam penjelasannya adalah suatu usaha untuk mengoptimalkan website untuk bisa menempati peringkat teratas di mesin pencari.

Dari pengertian seo seperti ini belum membuat saya mengerti secara detail dan jelas maka saya membutuhkan informasi seperti penerapan dan cara kerja seo.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Dapat dilihat pada gambar diatas jika kalian mengetikan sesuatu di google dengan kalimat yang ingin kalian cari semisal “laci kayu bekas” maka google akan menampilkan halaman web yang sesuai dengan kalimat atau keyword yang kalian ketikan di search engine.

Kenapa ini bisa terjadi? hal ini terjadi karena adanya google boot atau spider boot yang memilki fungsi menganalisa seluruh web page yang di crawl di search engine google kemudian dari hasil perayapan tersebut google akan meletakkannya pada keyword yang sesuai dengan isi halaman web tersebut.

Atau bahkan google dapat memblokir dan membuangnya jika konten yang berada dalam web page tersebut mengandung pelanggaran kebijakan search engine google, dan akibatnya web page tersebut tidak bisa terindeks.

Yang penggambarannya jika kalian ke warung kemudian bertemu dengan penjaga warung (google) “mau beli apa?”, kemudian kalian menjawab “mau beli beras yang bagus bu” maka penjaga toko akan memberikan list pilihan beras yang bagus.

Lalu mengapa bisa ibu penjaga warung tadi menyarankan beberapa beras tadi? tentunya yang menjadi pertimbangannya adalah dari segi bentuk beras, kemasan, kebersihan (SEO On Page), dan kemudian yang menjadi pertimbangan lainnya adalah penilaian orang lain yang banyak menyarankan list beras tersebut (SEO Of Page).

Lantas ada beberapa beras yang tidak di sarankan ibu penjaga warung, pertanyaannya kenapa tidak disaran kan ke pembeli tersebut? jawabanya simple karena tidak memenuhi kriteria dengan apa yang sedang dicari oleh si pembeli.

Dan bagaimana membuat beras yang tidak disarankan oleh ibu penjaga warung tadi agar bisa dicari oleh pembeli dengan pencarian “beras yang bagus”?.

Tentu saja pihak produsen beras yang harus melakukan improve dengan menyesuaikan dengan menjaga kualitas beras tersebut (SEO On Page) dan dengan begitu konsumen yang pernah mencoba akan merekomendasikan dengan yang lainnya (SEO Of Page).

Belajar SEO Toko Online

Lepas satahun di 2019 saya pindah kerja mencoba melamar ke perusahaan IT untuk memenuhi posisi IT support saya mencantumkan cv yang semua isi nya saya tulis berdasarkan pengalaman saya termasuk portofolio blogger saya.

Rentang seminggu saya di terima di perusahaan tersebut selang sehari saya di tanya langsung oleh direktur perusahaan tersebut “seberapa tau kamu tentang SEO?” kemudian saya jawab dengan se adanya sesuai dengan yang pernah saya lakukan.

Lalu di hari berikutnya pun saya dipinjami buku SEO untuk bisa di pelajari lagi, saya pun mempelajarinya selama kurang lebih seminggu isi dari buku tersebut tidak jauh berbeda dengan apa yang pernah saya lakukan saya rasa saya cukup untuk mempelajarinya.

Di minggu berikutnya pun SEO di bahas pada meeting rutin mingguan yang dalam pembahasan tersebut perusahaan akan mengambil project pembuatan website toko online dan akan ditambahkan service SEO.

Ya benar, saya di percaya untuk melakukan SEO website tersebut, di sini saya belum bisa percaya terhadap diri sendiri karena belum pernah mempunyai pengalaman di SEO toko online, tapi karena saya sudah pernah mengatakan saya sedikit tau tentang SEO maka saya paksakan.

Lepas bulan berikutnya saya mulai melakukan optimasi terhadap website tersebut, website tersebut di build menggunakan CMS wordpress dan katalog produknya menggunakan Wocomerce, untuk optimasi SEO nya saya menggunakan plugin Yoast SEO.

Di awal optimasi saya banyak belajar karena basic record saya yang belum pernah menggunakan wordpress jadi menguliknya terlebih dahulu.

Optimis dalam melakukan optimasi, setiap bulannya pun saya membuat report bulanan yang dimana setiap bulannya memiliki hasil peningkatan yang membuat saya bisa lega dengan titik terang peningkatan posisition rank di google.

Berikut report bulanan yang pernah saya buat kalian dapat melihatnya disini untuk bisa dipelajari.

Note

Dari awalan saya yang memaksakan diri untuk belajar SEO toko online secara otodidak dan berdasarkan risearch sendiri saya memiliki kepuasan tersendiri karena hasil yang telah saya usahakan dapat membuat saya puas dan yang pastinya saya suka dengan pekerjaan SEO yang saya lakukan. Semoga cerita saya dapat bermanfaat bagi kalian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here