Mengenal Dan Cara Membuat Meta Description Secara Benar

Jika kalian masih baru terjun dalam dunia optimasi website ataupun blogger perlu halnya mengetahui terkait dengan pengoptimasian meta description dalam website, lalu apa itu meta description? dan bagaimana cara mengaktifkan dan membuat meta description yang benar?, tetap terus ikuti topik berikut ini untuk mengetahuinya.

Untuk intro sebelum ke pembahasan, saya akan sedikit menjelaskan terkait optimasi website, jadi hal yang perlu kalian ketahui adalah jika kalian memiliki website ataupun blog perlu halnya membuat konten yang relefan yang sesuai dengan aturan search engine untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal pada mesin pencari.

Untuk itu meta description menjadi salah satu fitur atau fasilitas yang wajib kalian gunakan untuk menunjang konten yang sudah di buat pada website untuk mengoptimalkan pada search engine.

Apa Itu Meta Description?

Meta desciription atau di sebut juga meta deskripsi, meta tag deskripsi, atau juga deskripsi penelusuran merupakan penjelasan singkat tentang isi dari konten, simple nya meta description ini sering kalian temui atau kalian dapat menemuinya di bawah judul dari hasil penelusuran mesin pencari yang menampilkan informasi singkat dari isi konten artikel.

Lalu seberapa pentingkah meta description untuk mengoptimasikan konten?, meta deskripsi ini bisa menjadi salah satu komponen untuk membuat deskripsi dari judul yang dapat menarik perhatian pembacanya untuk mengklik, juga sebagai pengoptimalan peletakan keyword dan LSI.

Cara Mengaktifkan Meta Desription

Untuk membuat atau mengaktifkan meta deskripsi memiliki banyak cara sesuai dengan penggunaan platform website yang kalian gunakan, tapi saya akan menjelaskan pengatifan meta deskripsi di beberapa platform website yang paling sering di gunakan.

Cara Mengaktifkan Meta Description Di Blogger

  1. Buka dashbord blogger kalian
  2. Masuk ke pengaturan
  3. Klik preferensi pencarian
  4. Pada deskripsi masukan description tentang situs blog kalian

Cara Mengaktifkan Meta Description Di WordPress

Pada wordpress saya lebih merekomendasikan menggunakan plugin untuk hasil yang lebih optimal, caranya.

  1. Login dan masuk dashboard WP kalian
  2. Ke menu plugin > add new > search yoast SEO kemudian install dan activate
  3. Kemudian install dan activate

Cara Mengaktifkan Meta Description Custom HTML

Jika kalian menggunakan website static tanpa CMS atau custom berikut langkah caranya.

  1. Masuk pada edit halaman index
  2. Tambahkan tag meta berikut ini <meta name=”description” content=”isi deskripsi nya di sini”>, di bawah <head> atau diatas</head>
  3. Kemudian simpan.

Cara Menggunakan, Membuat, Atau Menulis Meta Description

Hal berikutnya terkait dengan optimasi meta description yaitu dengan penerapan penulisan deskrip yang relafan dengan konten hingga mesin pencari, bagaimana cara menulis deskripsi yang sesuai dan bisa menarik perhatian orang untuk mengklik konten yang kalian buat berikut penjelasannya.

Untuk penggunaan Meta Description kalian cukup menuliskannya pada fitur yang sudah tersedia jika kalian menggunakan wordpress pada bagian bawah saat menulis artikel maka akan muncul fitur yoast seo jika kalian tadi sudah menginstall plugin seperti langkah diatas.

Jika kalian menggunakan blogger maka akan ada fitur deskripsi penelusuran pada samping kanan, dan yang perlu kalian lakukan adalah menulis deskripsi tentang isi konten kalian dengan penjelasan yang relefan dengan user dan mesin pencari, berikut penjelasan penulisan deskripsi penelusuran yang relefan.

Perhatikan Keyword Konten Kalian

Pada penulisan dan penggunaan meta deskripsi pasti berkaitan dengan peletakan keyword, dari mulai keyword utama hingga peletakan keyword turunan tetapi juga tetap memperhatikan unsur yang tidak terlalu berlebihan dalam peletakan keyword tersebut.

Penggabungan peletakan keyword dengan kalimat yang dapat menimbulkan intresting atau kata yang dapat menimbulkan ketertarikan bagi pembacanya menjadi hal yang harus kalian ketahui.

Buat Deskripsi Yang Dapat Memberikan Ringkasan Penjelasan Dan Interesting

Susun kalimat semenarik mungkin dengan mendominasi keyword utama dan keyword turunan tetapi tetap memberikan ketertarikan pengguna saat membacanya, seperti jika kalian memmiliki website jual beli atau toko online dengan penggunaan kata yang dapat menari pengunjung seperti “diskon, gratis ongkir, potongan harga hingga bonus ataupun ketersedian terbatas.”

Dan contoh lain jika kalian memiliki website terkait dengan teknologi cobalah gunakan beberapa kalimat interesting berikut “review terbaru dari gadget…, gadget low badget dengan spek flagship.” dan lainnya yang dapat menarik perhatian para pembacanya.

Buat Deskripsi Penulusuran Jangan Terlalu Panjang Ataupun Pendek

Dalam penulisan deskripsi penelusuran memiliki batasan jumlah maksimal dan minimal karakter yang relefan, untuk batasan maksimal kata dalam deskripsi 150 karakter dan untuk batasan jumlah minimal 1 karakter.

Jadi jika meta description ini tidak di isi atau tidak di buat maka mesin pencari sebenarnya akan menampilkan deskripsi singkat dari paragraf pertama konten artikel kalian, tapi hal ini kurang relefan jadi kalaupun bisa ya tetap optimasi konten artikel kalian dengan menggunakan Meta Description untuk hasil yang lebih optimal di mesin pencari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here