Cara Riset Keyword
Cara Riset Keyword Untuk Blog Dan Website

Menulis artikel blog tidak hanya membuat sebuah konten tulis semata juga perlu pertimbangan dari pengambilan judul serta isi yang akan di suguhkan, maka dari itu kalian perlu mengetahui teknik Riset Keyword untuk membuat konten tulis di blog atupun website guna menghasilkan konten tulis berkualitas SEO.

Kalian pasti sering menjumpai situs yang berada di posisi pertama saat sedang menggunakan mesin pencari untuk mencari kata kunci tertentu, dan pasti kemudian kalian akan langsung membuka judul yang paling atas di mesin pencari, lalu kenapa banyak orang sering sekali lebih memilih judul artikel yang paling atas?.

Tentu saja artikel yang biasanya tampil pada page one memiliki tingkat ke akuratan isi dengan kata kunci yang dimasukan pada search engine,

Pemilihan kata kunci di tujukan untuk meningkatkan performa rank blog atau website kalian di mesin pencari, dengan begitu website atau blog kalian memiliki peluang besar untuk dapat meningkatkan profit lebih dengan adanya peningkatan visitor.

Berikut Cara Riset Keyword Untuk Blog Dan Website

Riset keyword memiliki beberapa pertimbangan yang harus kalian ketahui berikut penjelasannya.

Search Volume

Search volume atau volume pencarian dari keyword yang akan diambil menjadi aspek terpenting, hal ini menjadi sangat penting kerena target pembuatan konten tulis dalam blog atau website adalah untuk mendapatkan pengunjung atau pembaca.

Dengan begitu jika semakin besar search volume semakin besar juga peluang untuk bisa di kunjungi dan dibaca. Dan yang menjadi tantangan lainnya dalam aspek ini adalah semakin banyaknya jumlah volume pencarian semakin besar juga tingkat persaingannya.

Umumnya topik yang sering di cari oleh orang atau popoler keyword memiliki result (hasil pencarian) yang banyak, ini terjadi karena banyak nya pengulas topik populer dengan tujuan untuk mendapatkan peningkatan visit website.

Keyword Difficulty

Keyword difficulty atau tingkat kesulitan kata kunci merupakan sebuah penilaian yang ada pada kebanyakan tool riset keyword dalam menilai kesulitan suatu keyword dengan pemberian skala nilai 0-100.

Tentntunya semakin nilai difficulty mendekati seratus akan semakin sulit tingkat persaingan keyword tersebut.

Keyword difficulty biasanya dimiliki jenis keyword dengan jumlah kalimat pendek 2-4 kata misal “jasa seo” yang terdiri dari dua kata dengan result yang hampir 8 juta result di mesin pencari di tambah lagi dengan ads tentunya akan semakin tinggi tingan keyword difficultynya.

Keyword Suggest

Keyword suggest atau saran keyword ini dapat kalian dapatkan melalui keyword tool yang biasanya jika kalian memasukan keyword pada tool tersebut maka akan muncul keyword suggest.

Keyword tool akan menyarankan beberapa saran keyword judul dengan beberapa list penilaian dengan begitu kalian akan dengan mudah memilih keyword dengan pencarian yang lumayan dan tingkat persaingan yang rendah.

LSI (Latent Semantic Indexing)

LSI ini merupakan keyword turunan dari kata kunci utama misal ketika kalian mencari kata kunci “keyword tool” di search engine maka akan muncul LSI di bagian paling bawah “penelusuran terkait” dan biasanya akan beberapa keyword terkait seperti “keyword tool gratis”, atau “keyword tool pro”.

Lalu apa yang harus dilakukan dengan LSI? dengan adanya LSI kalian dapat menggunakannya dalam artikel kalian baik menyisipkannya dalam paragraf atau sub judul.

SERP (Search Engine Result Page)

SERP atau hasil dari penelusuran dengan tingakatan yang paling relevan dengan keyword yang diminta, lalu bagaimana penerapan SERP ini dalam riset keyword?.

Kalian dapat memanfaatkan dari hasil pencarian dengan menganalisa artikel yang menempati posisi pertama dari hasil penelusuran, hal yang biasanya di analisis dari mulai PA, DA, Backlink, kemudia isi dari artikel tersebut.

Diatas tadi beberapa langkah cara riset keyword, tetapi jika kalian kurang suka dengan hal yang ribet kalian dapat menggunakan beberapa riset keyword tool berikut.

Riset Keyword Tool

Google Trends

Google memiliki salah satu fasilitas untuk bisa melihat dan memantau topik yang sedang terending dalam satu minggu terakhir hingga satu tahun terakhir, dengan begitu kalian dapat menjadikan beberapa topik terending versi dari google trends.

Ubersuggest

Ubersugges merupakan tool yang di buat oleh Neil Patel yang memiliki tingkat akurat yang tinggi memberikan 4 komponen seperti yang saya sebutka di atas dari mulai search volume, keyword dificulty, keyword suggest, SERP.

Yang semua komponen tersebut di suguhkan dalam satu tool untuk mempermudah riset keyword kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here