aplikasi untuk membuat usb bootable
5 Aplikasi Tools Untuk Membuat Usb Bootable

Pembahasan kali ini mengenai tools aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat usb bootable, tapi sebelum lanjut ke pembahasan saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu usb bootable? dan kegunaanya.

USB bootable sendiri merupakan usb flash disk yang berisi extrak kan file sistem operasi atau disebutnya file installer, yang digunakan untuk meng installasi sitem operasi pada komputer PC atau Laptop.

Jadi installer sistem operasi pada umumnya menggunakan CD (compact disk) sebagai media mount extraction file os. Tapi semenjak adanya usb flashdisk, di alihkan karena alasan write and read nya lebih cepat menggunakan flashdisk sehingga dapat mempercepat proses instalasi.

Untuk membuat usb bootable flashdisk kalian perlu menyiapkan kelengkapannya salah satunya tools aplikasi, untuk meng ekstrak file intaller sistem operasi ke usb flashdisk, kalian dapat menggunakan beberapa aplikasi pembuat bootable yang biasa di gunakan berikut ini.

5 Aplikasi Untuk Membuat Bootable

1. Rufus

Aplikasi tools pembuat bootable pertama yang paling sering digunakan adalah rufus, aplikasi ini sangat mudah di gunakan dengan tampilan yang simple dan portable, yang artinya kalian tidak perlu menginstal aplikasi dan langsung bisa kalian pakai.

Pada sett aplikasinya kalian dapat menyesuaikan kebutuhan bootable untuk jenis bios dan partisi seperti uefi gpt ataupun mbr leagacy dan pemformatan fat32 atau ntfs. Untuk pembuatannya pun support all OS dengan format awal .ISO.

2. Wintoflash

Aplikasi wintoflash pernah saya gunakan saat masih sekolah untuk instalasi laptop sendiri, dari pengalaman saya saat menggunakan aplikasi ini untuk membuat bootable yang pertama, tidak terlalu susah, frendly dengan pengguna baru.

Wintoflas juga support dengan all OS termasuk sistem operasi tools seperti hiren atau DLC boot.

3. Yumi

Aplikasi yumi juga sering saya gunakan untuk membuat bootable untuk linux, di aplikasi yumi memiliki fitur boot manager sendiri jadi pada saat sebelum masuk installer kalian akan di alihkan ke boot manager yumi untuk menselect installernya terlebih dahulu, baru kemudian akan masuk ke tampilan installation.

Support any os , dan untuk tampilan yumi simple untuk pengguna baru tida jauh berbeda dengan banyak aplikasi pembuat bootable lainnya.

4. UnetBootin

Aplikasi unetbootin ini umumnya support dengan berbagai sistem operasi untuk distro linux juga bisa sistem operasi lainnya seperti windows. UnetBootin akan membuat dan menyesuaikan sistem boot pada live usb sesuai dengan sistem operasi dan perangkat BIOS pada laptop atau pc kalian.

5. WinSetupFromUSB

Aplikasi terakhir untuk membuat bootable atau live usb WInSetup yang memiliki version terus uptodate, untuk fungsion aplikasi ini bisa di gunakan untuk membuat multi bootable atau dalam satu bootable terdapat lebih dari satu sistem operasi.

Sistem multi bootable ini bisa memudahkan kalian saat akan menginstal sistem operasi lebih dari satu jenis os, sehingga pada saat booting kalian akan di beri pilihan beberapa os yang di buat sebelumnya, dan untuk tampilan sangat frendly untuk pemula.

Note

Berikut tadi 5 aplikasi untuk membuat bootable flashdisk dari kelima aplikasi tersebut kurang lebihnya memiliki cara pembuatan yang kurang lebihnya hampir sama, pilih yang menurut kalian lebih mudah di pakai dan simple.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here